banner 468x60

UPACARA PENGIBARAN BENDARA – 17 AGUSTUS

Category : BERITA
banner 468x60

Merdeka….
Merdeka…
Merdeka…
Kalimat itu serentak dan tegas terdengar dan menggema di barisan upacara. Kala itu Prof. DR. Drs. Surachmat, M.Si. memekikkan Merdeka dengan penuh semangatnya.
Hari itu, di Yayasan Khadijah telah dilaksanaan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan yang sangat berbahagia adalah SMP Khadijah, dikarenakan SMP Khadijah dipercaya sebagai petugas dalam pelaksanaan Upacara Tersebut. “Secara pribadi saya sangat berbahagia, anak-anak kami dipercaya sebagai petugas dalam pelaksanaan upacara Peringatan HUT RI Ke 72 ini. dan yang membuat saya bangga adalah anak-anak mampu melaksanakan dengan yang terbaik. Upacara berlangsung dengan hidmat dan tertib” Sambut Kepala SMP Khadijah selesai kegiatan upacara.
Upacara peringatan HUT RI Ke 72 ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh SMP Khadijah, namun bagi Bu Nia panggilan akrab Kepala SMP Khadijah, bahwa Upacaca ini merupakan kesan pertama saat beliau sebagai Kepala Sekolah, apalagi pesertanya diikuti sebanyak 600 orang yang terdiri dari Siswa SD Khadijah, SMP Khadijah, SMA Khadijah dan Bapak Ibu Guru serta Pengurus Yayasan Khadijah. Petugas upacara murni semua dilakukan oleh siswa, tidak ada satu petugas pun dari guru kecuali hanya sebagai pengarah acara dan pemandu jalannya upacara. Inilah yang menjadi kebanggaan luar biasa bagi Kepala Sekolah, Guru terlebih lagi Pembina osis yang sudah mempersiapkan untuk suksesnya upacara ini 10 sebelumnya.
Sebagai Inspektur upacara adalah beliau Bapak Prof. DR. Drs. Surachmat, M.Si. dalam amanatnya, beliau berpesan kepada semua peserta untuk senantiasa mengisi kemerdekaan dengan berjuang melalui ilmu dan ahlaq serta memegang teguh ajaran Ahlus Sunnah ala An Nahdliyyah, sontak semua peserta baik siswa maupun guru menjawab “SIAP”. Sebab makna kemerdekaan harus disesuaikan dengan kebutuhan bangsa atau Negara saat ini. “Makna kemerdekaan itu luas, maka anak-anak ku semua, mari berjuang untuk mengisi kemerdekaan dengan merebut ilmu di Khadijah dan jadilah pemimpin-pemimpin bangsa dan penggerak-penggerak Negara yang cerdas dan berakhlaq. Inti dari semua itu adalah Ahlaq. Tiadalah berguna seseorang yang pandai ataupun pintar namun ahlaqnya tidak terpuji. Namun sangat lain jika itu oleh Seorang yang pandai dan Berahlaq, apa yang dikerjakan tangannya dan keluar dali lisannya adalah Manfaat” kata Prof. Surachmat dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara.
Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, selain untuk memupuk jiwa kebangsaan dan cinta tanah air, makna lebih dalam adalah sebagai wasilah bahwa Nikmat kemerdekaan sangatlah besar, perlu pengorbanan yang tidak kecil, pengorbanan lahir dan batin. Maka sudah sepantasnya setiap pelaksanaan upacara bendera untuk menghadiahkan Bacaan surah Al-Fatihah kepada para Pejuang, Pahlawan yang gugur sebagai Syuhada’. Bapak Darsono sebagai Pembina OSIS SMP Khadijah dengan semangatnya memberi komentar “Ini tanggung jawab besar, kami sebagai Pembina Osis wajib mempersiapkan upacara ini dengan yang terbaik. Para pahlawan sudah rela berkorban jiwa dan raga meneteskan keringat dan darah. Kita hanya melaksanakan upacara bendera untuk mengenang perjuangan Mereka. Malu jika kami tidak sungguh-sungguh”. Sebagai salah satu Pembina OSIS SMP Khadijah, Bapak Darsono memilih beberapa anggota OSIS utamanya pada sekbid 3 (Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara). Diantara tim sukses yang ditunjuk Pembina OSIS sebagai petugas dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia ini adalah :

Zaim Mustafa   Kelas 9B Sebagai Pemimpin Upacara
Tresna Bunga   Kelas 9B Sebagai Pembaca UUD 1945
Rifdah Dalilah  Kelas 9A Sebagai Protokol
Qutsam  Zhorif P. Kelas 8A Sebagai Pemimpin Barisan 1
Adika Bening  Kelas 8A Sebagai Pemimpin Barisan 2
Muhammad Raffi Kelas 8C Sebagai Pemimpin Barisan 3
Erina Azmi Hendiyani Kelas 9A Sebagai Pembawa teks Proklamasi dan Pancasila
Pasukan Pengibar Bendera :
Pramana Adi Kelas 8A
M. Kafil  Kelas 9B
Fajar Ayu Kelas 9B
Tsany Yusrina Kelas 9B
Fajar Ayu Kelas 9B
Paduan Suara bimbingan Ibu Dian
Kezya Amanda  Kelas 7E
Roshita Amalia  Kelas 7D
Sofia Maristra  Kelas 7B
Dezilva Zafiaazka Kelas 7B
Istiana Wahyu  Kelas 7B
Nayyara Nazmi  Kelas 7D
Meutya Eva  Kelas 7A
Masyita Ika  Kelas 7D
Michelle Claudya Kelas 7A
Assyifa Zahra  Kelas 7F
Selama 10 hari mereka semua berlatih dibawah bimbingan Pak Darsono dan dibantu Bapak Iman dari TNI. Dan hasilnya Alhamdulillah, pelaksanaan upacara bendera berlangsung dengan baik dan sukses.
Dalam kegiatan ini pula dilangsungkan acara penghargaan kepada guru dan karyawan yang telah mengabdi selama 25 tahun di Yayasan Khadijah dan pemberian bea siswa kepada siswa berprestasi di bidang akademik pada semester genap tahun 2016-2017. Diantara penerima penghargaan Guru dan Karyawan atas pengabdian 25 tahun adalah Pak Syamsul Hari dari SMP Khadijah. Penghargaan siswa berprestasi berupa piagam penghargaan dan beasiswa bebas uang SPP selama 1 semester. Sedangkan untuk pengabdian 25 tahun mendapatkan piagam penghargaan dan cincin emas. Pemberian penghargaan dan beasiswa ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motifasi, yang tentunya akan memberikan tauladan bagi yang lain untuk senantiasa mencurahkan segenap usaha untuk berjuang dan mengabdi serta tekun belajar.
Sebagai Sekolah Islam Unggulan di Surabaya, SMP Khadijah berharap pelaksanaan upacara ini mampu menanamkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme pada siswa. Sehingga semangat untuk mempertahankan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 semakin
Ami

banner 468x60
Avatar for admin

Author: 

Related Posts