banner 468x60

Sambut Jenjang Baru dengan Perkuat Karakter Diri dan Perdalam Interelasi

Category : BERITA
banner 468x60

Sambut Jenjang Baru dengan Perkuat Karakter Diri dan Perdalam Interelasi

Tahun Pelajaran 2022/2023, tahun ajaran baru merupakan momen penting dalam pergantian jenjang Pendidikan bagi setiap peserta didik. SMP Khadijah Surabaya mengemas momen-momen ini dalam rangkaian MPLS bagi kelas 7 dan PPKS bagi kelas 8 dan 9. Kedua kegiatan ini dilaksanakan pada 18—21 Juli 2022. MPLS ini sebagai Langkah awal pengenalan diri, teman, dan juga lingkungan sekolah. Sedangkan PPKS merupakan program yang dirancang guna menguatkan karakter peserta didik.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Khadijah Surabaya dimulai dengan upacara khidmat bersamaan dengan pembukaan MPLS pada hari Senin lalu (18/07). Upacara pembukaan tersebut disambut dengan antusias dan bahagia oleh Pengurus YTPSNU Khadijah beserta jajaran Bapak/Ibu guru SMP Khadijah.

Kegiatan MPLS SMP Khadijah diadakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 18-21 Juli 2022. Kegiatan MPLS ini tentu saja bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah, baik mengenalkan Bapak/Ibu gurunya, fasilitas sekolahnya, maupun kegiatan sekolahnya.  Agar kegiatan MPLS ini dapat berjalan dengan baik, peserta didik diajak untuk menyepakati aturan dan sanksi selama kegiatan MPLS berlangsung.

Hari pertama MPLS dilalui para peserta didik dengan melakukan kegiatan Wiyata Mandala, yakni keliling di lingkungan sekolah dan mendapatkan penjelasan tata tertib penggunaan fasilitas sekolah.

Dilanjutkan pada hari kedua (19/07), peserta didik dikenalkan dengan Kurikulum Merdeka yang merupakan kurikulum yang sedang diterapkan di SMP Khadijah. Pada hari kedua ini, peserta didik juga diberi pembekalan dalam penguatan karakter, seperti melakukan game pengenalan diri, game pemecahan masalah, tidak lupa juga peserta didik dikenalkan dengan kebiasaan dan etika di SMP Khadijah. Pembekalan untuk penguatan karakter ini sangatlah penting, karena karakter adalah fondasi utama seseorang dalam bertindak.

Pada hari ketiga (20/07), peserta didik mendapat pembekalan tentang Sarpras (Sarana Prasarana) dan dikenalkan juga dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP Khadijah. Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler ini disambut oleh para peserta didik dengan sangat antusias karena kegiatan ekstrakuriler wushu dan silat tidak hanya dikenalkan melalui video dan foto saja namun ditampilkan secara langsung. Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler ini juga bertujun untuk membantu para peserta didik untuk mengenali minat dan kemampuannya, sehingga peserta didik diharapkan tidak hanya belajar dan menjadi juara di akademik saja namun di ranah non-akademik juga.

MPLS hari terakhir (21/07) menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para peserta didik karena pada hari terakhir ini peserta didik akan mengadakan pensi (pentas seni) dan baksos ke warga sekitar. Pensi diadakan perkelompok, sehingga peserta didik akan semakin mengenal dengan teman-teman barunya. Setiap kelompok dapat menampilkan baca puisi, menyanyi, teater, tari, maupun gabungan seni. Pensi menjadi semakin menarik karena penampilan peserta didik akan dijuri dan ditentukan kelompok yang menjadi juara.

Seiring berlangsungnya MPLS bagi kelas 7, kegiatan PPKS (Program Penguatan Karakter Siswa) dilaksanakan dengan mengadakan berbagai kegiatan, seperti pelatihan PBB, pelatihan upacara, dan juga classmeeting.

Pembekalan PPKS dilaksanakan pada hari pertama (18 /07) didampingi oleh wali kelas masing-masing serta pembentukan struktur kepengurusan kelas. Di hari kedua (19/07) agenda PPKS yakni pelatihan PBB. Pelatihan PBB ini  dipandu oleh tim dari Angkatan Laut (AL). Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) mengajarkan para peserta didik untuk disiplin tidak hanya dalam arena baris-berbaris namun juga dalam melakukan kegiatan di kehidupan sehari-hari, seperti disiplin dalam belajar maupun disiplin dalam berelasi dengan teman.

Pada hari ketiga (20/07), peserta didik mengimplementasikan kegiatan PBB pada pelatihan upacara. Kegiatan ini berlangsung di lapangan Auning. Pelatihan upacara ini juga langsung dikomandani oleh tim dari Angkatan Laut (AL). Pelatihan upacara tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan peserta didik untuk handal dalam melaksanakan kegiatan upacara, namun pelatihan upacara juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme para peserta didik. Sehingga peserta didik lebih menghormati dan mencintai NKRI beserta keragamannya.

Kegiatan terakhir (21/07) di program PPKS adalah classmeeting yang ditujukan untuk setiap kelas (8-9). Classmeeting diadakan dengan berbagai kegiatan, seperti bazaar, lomba supporter, lomba estafet, dan lomba kebersihan kelas. Pelaksanaan classmeeting antar kelas ini melatih peserta didik dalam hal kolaborasi-kerja sama antar tim dalam satu kelas.

Kegiatan MPLS dan Program PPKS menjadi salah satu bentuk fasilitas dan dukungan dari SMP Khadijah Surabaya dalam menyiapkan peserta didik agar tidak hanya unggul dan kompetitif dalam bidang akademik dan non-akademik saja, namun juga menyiapkan peserta didik agar berkarakter unggul – berakhlaqul karimah dalam setiap tindakannya.

Sumber: Tim Kreatif SMP Khadijah – Pak Baitur & Bu Intan

Total Page Visits: 1706 - Today Page Visits: 22
banner 468x60

Related Posts